Tuesday, November 27, 2007

Mengerikan

Satu kata yang keluar dari mulutku pagi ini: mengerikan! (selain goblok & kata2 kasar lainnya!). Bagaimana tidak kesal, pembangunan Busway yang katanya akan membuat kota Jakarta lebih nyaman dan mengurangi macet ternyata membawa bencana yang serius. Yang pasti minimal ada 3 aspek yang terkena imbas dari pembangunan ini yaitu aspek sosial, ekonomi dan kejiwaan.
Aspek sosial dimana orang sudah semakin tidak peduli dengan sesamanya - gontok-gontokan pada saat macet, sumpah serapah, waktu beraktivitas juga semakin panjang - karena berangkat mesti extra pagi, pulang extra malam.
Dari aspek ekonomi, coba lihat, berapa orang kantor yang sering terlambat gara2 macet, berapa banyak bensin/solar yang terbuang, ongkos produksi & transportasi jadi lebih mahal.
Aspek kejiwaan, lihat, berapa banyak orang Jakarta yang sudah stress & berperilaku aneh2.
Ini belum termasuk aspek lingkungan yang juga terkena imbas pengerusakan pada saat pembuatan busway itu.

Semua itu tidak pernah dipertimbangkan oleh penyelenggara pemerintah kita, yang penting bangun aja, tidak perlu lihat dampak dari pembangunan itu. APakah sudah habis orang pintar di Indonesia ini yang punya perasaan dan bisa berpikir bijaksana dalam membangun bangsa ini tanpa harus ikut2an untuk korupsi dan atau menghancurkan bangsa ini dengan hal2 lain yang membodohi rakyatnya?

Kita sama2 berharap, pembangunan di negara ini bisa terus terjadi tanpa harus ada pihak2 yang memanfaatkan untuk membuat bangsa kita tambah terpuruk. Kita sudah sangat jelek dimata dunia, ayo kita bangun bangsa ini menjadi bangsa yang maju disertai dengan semangat kerja tinggi, beriman dan rendah hati.

No comments: