Tuesday, July 28, 2009

Jendela Info: Presiden: Rakyat punya akal sehat

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, saat ini rakyat sudah bisa menilai dengan akal sehat mana yang logis dan tidak logis dalam hiruk pikuk politik pascapilpres. Presiden percaya, rakyat Indonesia memiliki akal sehat dalam menyikapi protes dan pengaduan kubu yang tidak puas dengan hasil pilpres lalu.

"Soal dinamika politik sekarang ini, katakanlah yang dinamakan politik akal sehat, masyarakat bisa menilai dan menalar dengan baik mana yang logis dan tidak logs jika ada protes dan pengaduan pascapilpres ini," ujar Presiden saat memberi pengantar pada rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta, Selasa (28/7).

Rapat tersebut dihadiri tiga menteri koordinator (Menko) yaitu Menko Politik, Hukum, dan Keamanan Widodo AS, Menko Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie, Pelaksana TugasMenko Perekonomian Sri Mulyani.

"Karena itu biarkan saja semuanya berjalan karena sistem kita telah mewadahinya," ujar Presiden.

Sebagai kepala negara, lanjut Presiden, pihaknya ingin semua persoalan politik ini dapat diselesaikan secara damai, tertib, dan demokratis. "Dengan demikian tidak mengganggu upaya kita bersama menjalankan kehidupan bernegara dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Pernyataan Presiden ini disampaikan terkait pengaduan kubu Mega-Prabowo dan JK-Wiranto ke Mahkamah Konstitusi mengenai hasil pilpres yang diputuskan KPU. Kedua kubu berpendapat ada kecurangan dalam penyelenggaraan pilpres yang dimenangkan oleh pasangan SBY-Boediono. Kubu Mega-Prabowo bahkan menuntut diselenggarakannya pemilu ulang.

source: kompas.com

No comments: