Wednesday, August 30, 2006

my holiday (part 2): belajar dari negeri orang

Apa bedanya Indonesia dengan Singapore? BEDA BANGET! Walaupun sama-sama negara di benua Asia dan memiliki kesamaan dibeberapa hal serta budayanya, tetapi banyak hal dasar yang membedakan antara keduanya.

Tanggal 24-27 kemaren itu menjadi hal yang bersejarah buat gw karena bisa mengunjungi negara tetangga yaitu Singapore. Walaupun dengan bermodalkan niat dan sedikit materi tapi bisa dijalani juga liburan kali ini. Perjalanan dimulai dari rumah jam 4.15 pagi dan terbang dengan AirAsia (yang tempat duduknya rebutan..hehehe..) ke Batam jam 7.15 tepat (senang merasakan ontime nya perjalanan lewat udara!). Setelah di Batam, kita naik taksi ke arah Pelabuhan (oh iya...yang pergi selain gw ada Ririn, Imelda dan Dylan serta Emmy dan ibunya). Kita beli tiket Kapal cepat dan mengurus Fiskal.

Perjalanan ke Harbourfront, Singapore, membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan kapal cepat itu. Serunya, karena ini pertama kalinya gw kesana jadi semua hal yang gw liat dan rasa itu semua terekam jelas dan gw exiting banget! Salah satu yang membedakan negara kita dengan mereka adalah dimanapun mata kita memandang, semuanya bersih dan teratur. Semua keterangan sangat jelas pada leaflet atau brosur yang bisa didapat dengan gratis, mau naik bis atau MRT (Mass Rapit Transportation - Kereta cepat di Singapore yang melewati hampir semua bagian Singapore) atau taxi, semuanya bisa dilihat dan dibaca dengan mudah, jadi gak takut kesasar.

Setelah merasakan pengalaman pertama naik MRT yang seru itu, kita check in di hotel dan mulailah petualangan berikutnya. Kita menjelajah Chinatown, Little India, Esplanade, Merlion, Sentosa Island, Jurong dan tak lupa - the famous "Orchard Road" serta banyak tempat lain, mencicipi makanan, belanja2...terutama buat oleh2. 4 hari 3 malam akhirnya terasa amat kurang untuk menjelajah negara ini, padahal kaki kita semua sudah pegel2. Petualangan yang seru juga adalah melihat kota pada saat malam hari...fantastis! Jadi ngebayang kalo Jakarta bisa seperti ini.

Yang membuat salut adalah kebiasaan orang disini untuk menghormati orang yang lebih tua (tergambar kalo naik bus atau MRT anak2 mudanya akan memberi duduk kepada yang lebih tua), mendahulukan pejalan kaki, tidak buang sampah sembarangan, pengaturan lalulintas yang rapi dan aman (nyaris tidak pernah mendengar klakson mobil juga tidak ada asap kendaraan..ckckck..), multi budaya dan bahasa (sebenernya dalam hal ini kita jauh lebih kaya tapi kok mereka lebih bisa saling menghargai dan menghormati daripada kita??) , dan tentunya lebih trendy dan fashionable, mereka juga menjalankan gaya hidup sehat...sepertinya dalam segala hal memang sudah direncanakan untuk jauh kedepan (Indonesia...jalan ditempat...hiks!)

Sedih sih kalo membandingkan negara kita dengan mereka...padahal dari sumber daya, kita jauh lebih baik dari pada mereka. Kehebatan mereka adalah mengemas produknya dengan sangat baik dan berkualitas juga perencanaan masa depan sangat diperhatikan.


Well, walaupun begitu gw masih cinta Indonesia dengan berlimpahnya sumber dayanya...gw berharap (mudah2an harapan kalian juga) bahwa negara kita akan lebih maju lagi, masyarakatnya akan semakin sadar lingkungan, saling mendukung dan menopang satu sama lain tanpa melihat perbedaan yang ada, dan yang pasti, tujuan untuk menjadikan negara yang adil dan makmur bisa terwujud. Yuk...kita sama2 dukung bangsa dan negara ini supaya bisa terwujud cita2 kita bersama. Tuhan memberkati kalian semua.

No comments: